Morning confession

Assalamu’alaikum :)

Tetiba pagi ini saya bangun dan saya mikir kalo saya setres

hahaaa, pagi yang kurang indah ya !

Ga tau kenapa saya ambil kesimpulan kaya gini, apa mungkin karena saya sedang ada di titik bosan, bingung atau blur space di otak yang kemungkinan dipicu akibat lebih dari satu semester ini saya merasakan ada perdebatan dalam diri saya. Antara keinginan, kewajiban yang harus saya lakukan dan aktualisasi yang nol, kalau tidak dikatakan minus!

Sejujur-jujurnya hal  ini bikin saya begitu sedih dan kecewa pada diri sendiri. Kenapa ya, padahal dulu saya ini bukan tipe orang yang ga mau memecahkan masah, saya cenderung  kuat, bersikap menghadapi dan menyelesaikan masalah yang saya hadapi. Tapi menghadapi hal yang satu ini saya begitu takut, underestimate, jadinya saya hilang kepercayaaan diri dan akhirnya bikin saya males sejadi-jadinya (bukan cuma males ngerjain tesis, tapi jadi males senam, males ketemu temen temen, males ngampus,  tapi semangat banget buat traveling hehehe) plus bikin saya sering marah-marah ga jelas.  Banyak kesalahan yang secara sengaja saya lakukan, mulai dari mangkir deadline revisi, malas baca literature dan dampaknya adalah timeline penelitian yang berantakan.

Kekhawatiran saya adalah saya takut kalo hal ini terjadi terus, nanti orang-orang yang saya sayangi akan juga mengalami hal yang sama pada diri saya, merasa kasihan dan kecewa. Saya takut nantinya saya kehilangan energy, hilang gairah dan minat terhadap berbagai kegiatan yang sebelumnya saya sukai, hilang kesempatan untuk meraih mimpi yang sudah lama saya cita-citakan. Sekarang ini saya dalam proses menjalani apa yang saya sukai dan saya ga mau apa yang saya sudah mulai harus saya mulai kembali atau bahkan hancur karena kesengajaan dan dilakukan secara sadar. That’s too stupid!!

Jadi permasalahan yang bikin saya kaya orang bego itu apa?? Ok, reveal #1 : TESIS

Hahahaa cemen yaaaks!! Aneh banget coba, padahal sebetulnya saya sedang menghadapi sesuatu yang saya amat sangat tertarik untuk teliti dan lakukan. Saya tertarik dengan issue sustainable development, green economy dan permasalahan lingkungan lainnya. Penelitian saya ada dalam lingkup tersebut, tapi kenapa oh kenapa!!. Saya merasa sedang ada di ruangan yang saya ga ngerti apa dan kenapa!  Apa mungkin juga kalau saya takut akan kegagalan??

Ok,, terlalu banyak kata KENAPA!  Let’s just find it out! The question to be revealed is : am I really stress???

“Stres adalah satu tekanan yang dialami oleh seseorang dan sifatnya bisa positif, disebut  eustress bila jadi pendorong semangat atau bisa negatif yang disebut distress jika kondisi tersebut menghambat atau dianggap merugikan”

 Dari tulisan yang say baca, secara psikologis manifestasi stres ditunjukkan dalam hal : perasaan cemas, ketakutan, kuatir, perilaku gelisah, agresif, emosi labil, sensitif, cepat marah, frustasi, apatis, malas dan banyak lagi. Secara fisiologis stres menyebabkan perubahan dalam tubuh mulai dari gangguan hormonal, pencernaan, imunitas, sistem pembuluh darah dan lainnya. Sedangkan asal muasal stressor bisa datang dari mana saja, baik dari sendiri maupun dari lingkungan. Karena itulah semua manusia pasti mengalami stres hanya bagaimana manusia itu menghayati stres tersebut. Pada orang-orang yang kepribadian atau perkembangan mentalnya kuat maka dia akan melihat stressor itu sebagai eustres pendorong semangat. Sebaliknya kalau kepribadiannya lemah, merasa tidak berdaya, merasa tidak dihargai, ketika dia menghadapi stressor akan terpuruk

Ok wida, sudah cukup jelas ya stress itu apa dan dari mana! Jadi gimana ya cara supaya kita bisa handle stress tersebut?

Coping stress merupakan suatu cara bagaimana kita menghadapi stressor. Ada dua garis besar coping stres, yaitu focus coping dan emotional coping. Focus coping artinya menghadapi masalah dengan mendekati atau menghadapi sumber masalahnya dengan mengabaikan perasaanya sendiri. Emotional coping yaitu menyikapi dengan menitik beratkan pada perasaan atau emosi. Misalnya kesal dengan tekanan orang tua, dia larut dalam emosinya, dia hura-hura menghilangkan rasa kesalnya. Jadi fokus pada emosinya sedangkan masalahnya tidak ditangani.

Bagaimana cara kita deal dengan coping stress?  Orang yang kepribadiannya kuat mempunyai coping stres yang bagus dibanding orang yang kepribadiannya lemah. Yang ideal adalah kombinasi kedua jenis coping, problemnya harus dihadapi, suasana hati harus ditangani juga. Ada kalanya saat seseorang stres perlu rekreasi menenangkan pikirannya, alihkan  dulu ke emotional coping agar lebih tenang dan rileks setelah itu kembali pada masalahnya. Intinya adalah : hadapi dan rasakan proses didalamnya! After all you’ll get what you deserve to get.

Ok,,, time to reveal #2 : Apa saya stress??

Karena yang saya tuliskan sebelumnya adalah mengenai ketakutan dan keluhan, kemudian gejala-gejala secara psikologis yang secara nyata terjadi dan mostly saya lakukan,  maka kemungkinan besar saya ada di area Distress! :( :(

Eitsss jangan sedih, ingat bahwa stres ini bisa dikelola, ditangani dengan baik! Saya fikir stress sendiri merupakan suatu bentuk energy  yang bisa jadi positif atau negatif, tergantung pada cara kita merespon dan mengolah stress itu sendiri. Saya sendiri ga mau stres ini membawa saya lebih jauh lagi ke hal yang lebih buruk baik untuk diri saya dan lebih jauh lagi untuk orang-orang yang saya sayangi.

Maka demikiaaannnnnn:

Saya memutuskan detik ini juga, bahwa saya tidak akan menjadi lemah dan akan memperdayakan diri supaya bisa bangkit dan kembali menjadi orang sebener benarnya manusia bermanfaat dan memberikan kebahagiaan!!

Ok, last words of my today writing :

I declare my self, that now I am on  Distress and I want to heal!!!

I’ll face it slow, gently and turn it out into positive energy!

Best luck for you my body and soul

I’ll try my best to keep the balance in me :)

Next-Time-your-stressed1

17.04.2013. Sanctuary

Source :

Leave a Reply

